Monday 11 June 2012

MENGENALI DESA KEMIRIOMBO KALIWIRO WONOSOBO


MENGENALI DESA KEMIRIOMBO KALIWIRO 
KEPALA DESA BP. PRATIKNO

KEMIRIOMBO KECAMATAN KALIWIRO

Desa Kemiriombo salah satu desa di Kecamatan Kaliwiro yang memiliki ruas jalan berkategori baik (beraspal). Dari keseluruhan jalan penghubung antar dukuh di desa Kemiriombo hanya jalan Ky Tanjung yang belum beraspal namun kondisi jalan tersebut cukup baik kendati hanya dirolak.

Nah bagi anda yang ingin jalan- jalan mengitari Desa Kemiriombo, semenjak bulan November 2010 sepuluh ruas jalan di desa Kemiriombo telah ditandai dengan nama jalan dengan harapan memudahkan pengunjung dari luar daerah untuk mencari alamat. Dengan bekerjasama mahasiswa Kuliah Kerja Nyata (KKN) Universitas Veteran Bangun Nusantara Sukoharjo-Surakarta telah dirintis pemasangan nama-nama jalan di desa Kemiriombo Kecamatan Kaliwiro. Berikut nama- nama Jalan yang telah digagas oleh Bapak Pratikno (kades) dan didukung lembaga serta masyarakat setempat. Selengkapnya seperti berikut ini :

1.JALAN KYAI TOPONG

Ruas jalan ini menghubungkan dukuh Larbuk dengan dukuh /dusun Tanjungsari. Jalan ini berpangkal di jalan raya lintas Wonosobo – Kebumen dan berbatasan langsung dengan Desa Tanjung anom Kaliwiro. Dan Kyai Topong ini bermuara pada Jalan Kyai Tanjung.

Panjang jalan ini kurang lebih 500 meter. Karakter berkelok naik-turun namun tidak membahayakan.dijalan ini anda melintasi Rt 01dan Rt 02 Rw 01, juga bila anda ada waktu anda dapat menikmati dan melihat langsung proses pembuatan gula jawa,dan bahkan anda dpat memesan makanan khas kaliwiro yaitu cimllung yang memang di wilayah ini sudah terkenal,anda dapat langsung kerumah bpak kholisin,beliau kebetulan juga sebagai ketua Rt 02 Rw 01,penasaran silalahkan mencoba

2. JALAN KYAI TANJUNG

Ruas jalan ini berpangkal dari Jembatan Kali Kemukus masuk Tanjungsari hingga bermuara di jalan lintas Kaliwiro – Kebumen dekat gardu pandang Dempes. Kyai Tanjung kendati belum beraspal namun kondisi jalan itu cukup baik.


3. JALAN PASAR
Ruas jalan ini berpangkal di jembatan Kaliwiro dekat pasar Kaliwiro menuju Balai Desa Kemiriombo. Danamakan jalan pasar karena ruas jalan ini menyusuri tepi barat pasar Kecamatan Kaliwiro.

4. JALAN KYAI RUJAK BELING

Jalan ini berpangkal dari depan pintu barat Pasar Kaliwiro (depan rumah Bapak Sukarno mantan KS SD Kemiriombo) hingga Ndhadhah wilayah Leksono. Konon jalan Kyai Rujakbeling ini merupakan jalan utama ke Wonosobo dan bermuara di Cumbring Leksono . Dari lintas jalan inilah mobilitas hasil bumi Kaliwiro (Kelapa dan hasil bumi lainnya) keluar dari Kec.Kaliwiro dan merupakan jalan terpanjang di Desa kemiriombo.juga jala ini ada rencana mau diperbaikai oleh pemerintah kabupaten wonosobo pada tahun 2013/2014

5. JALAN KYAI SALIM

Jalan ini berpangkal dari tepi selatan pasar Kaliiwiro hingga ke pekuburuan “BRAOL” dan bermuara di Jalan Brigjend R.Heru Gunadi. Panjang jalan ini sekitar 300 meter.melintasi rt 12,dan 14.dijalan ini terdapat pemakaman“BRAOL”tempat bersemayamnya mantan-mantan kepala Desa kemiriombodiantaranya:

6.JALAN BRIGJENDR. HERU GUNADI

Tampak Jalan Brigjend R. Heru Gunadi Kemiriombo

Jalan ini berpangkal dari ruas Jalan Selomanik tepatnya dari pertigaan dekat rumah Bapak As’ari hingga hutan Situkup berbatasan dengan desa Kaliputih Kecamatan Selomerto. Dan jalan ini bermuara di jalan penghubung Kecamatan Kaliwiro dengan Kecamatan Selomerto via Wonongsari. Ada yang unik mengapa ruas jalan ini mempunyai nama yang cukup keren yakni Brigjen R. Heru Gunadi. Hal ini karena di ujung jalan ini berdomisili Keluarga besar Brigjend R. Heru Gunadi (Buyut Wonosomenggolo) sesepuh desa Kemiriombo.jln ini melintasi rt 13,14, dan 15.dijalan ini juga terdapat lapangan sepak bola,

7. JALAN LEMAH ABANG

Dikatakan lemah abang karena badan jalan ini bertanah merah. Praduga penulis di area ini mungkin tersedia bahan dasar keramik bermutu tinggi. Namun hingga kini aset ini belum bisa dimanfaatkan sepenuhnya oleh masyarakat sekitar. Jalan ini berpangkal dari jalan Brigjen R Heru Gunadi tepat di depan rumah Bapak Bambang HR (mantan sekdes Kemiriombo) hingga bertemu dengan jalan Kyai Kidung. jalan ini hanya melintasi 1 Rt yaitu Rt 17 .dan bila anda ingin bertemu dengan salah satu sesepuh desa kemiriombo mantan sekdes kemiriombo periode tahun 1955-1965(bpk kayat sudarsono) .

8. JALAN KYAI KIDUNG

Jalan Kyai Kidung Kemiriombo

Jalan Kyai Kidung inilah ruas jalan yang berpangkal dari jalan Selomanik tepatnya di depan rumah Bapak Soewardi Alm(Mantan Kapolsek Kaliwiro) Siton Kemiriombo hingga ke Dusun Kalipenggung (berbatasan dengan desa Sukoreno). Di tepi jalan ini terdapat SD Negeri 1 Kemiriombo Kecamatan Kaliwirodan RA Masyithoh yang dikelola yayasan Muslimat -Fatayat NU.melintasi rt 21,22,19,18 sampai berahir rt 16.jalan ini kondisinya sangat baik hanya dipenghujung jalan ini saat memasuki rt 16 tanjaan dapan pemakaman umum kyai kidung  kondisinya belum beraspal.(rolak) jalan ini juga potensi membawa hasil-hasil bumi, juga bila anda ingin datang untuk melihat kerajinan idep palsu dirt 16 ini anda dapat melihat langsung proses pembuatan idep palsu ini.juga kebetulan pengelola  kerajinan ini adalah ketua rt 16 (bpk.Triyono .)

9. JALAN KYAI SOBIT
Dari pertigaan doglig (150 m barat jembatan perbatasan Kemiriombo Sukoreno) atau berpaangkal di jalan Selomanik hingga bermuara di jalan Kyai Kidung inilah jalan Kyai Sobit terbentang sepanjang kurang lebih 500m. Jalan ini menghubungkan Desa Kemiriombo dengan Desa Sukoreno Kecamatan Kaliwiro.jalan ini kondisinya belum beraspal.melintasi rt 20 .untuk saat ini pemerintah Desa berupaya mengajukan kepemerintah kabupaten untuk segara mengaspal jalan ini.

10. JALAN KYAI NYAMAT
Ruas jalan ini menghubungkan Dusun Gamblog/Gambarsari berpangkal di jalan Kyai Rujak Beling atau di sebelah pondok AL-MUQORROBAH PRING SEWU   menyusuri Dusun Nyamatan hingga bermuara di jalan Kyai Tanjung.jalan ini melintasi rt 06,07,08. juga dijalan ini ada SD 3 kemiriombo dan PAUD mekarsari 2 .

Selanjutnya dijelaskan bahwa 8 dari 10 nama jalan seperti tertulis di atas adalah tokoh Desa Kemiriombo. Dari ke 8 nama jalan tersebut ada peninggalan makamnya kecuali makam Kyai Salim yang sudah tak dapat dilihat keberadaanya. Untuk mewujudkan cita-cita dan sekaligus bentuk penghormatan terhadap para pendahulu Deaa Kemiriombo yang telah berjasa Pratikno Kades yang kini menjabat bekerja sama dengan KKN mahasiswa Universitas Bangun Nusantara Sukoharjo – Surakarta pada bulan November 2010 ini telah membuat papan nama jalan (permanen) yang dipasang disetiap ujung jalan tersebut.

Sementara 2 nama seperti jalan pasar dan jalan Lemah Abang adalah parakarsa dari Kades. Dan disesuaikan dengan kondisi yang ada serta mendapat persetujuan dari lembaga desa yang ada.


0 comments:

Post a Comment